Friday, August 03, 2007

Mercato pribadi dimulai!!

Mercato alias masa transfer adalah momen yang sangat penting bagi seluruh klub. Salah strategi transfer bisa berakibat fatal bagi perjalanan klub selama satu musim ke depan, dan mungkin selamanya. Lantas apa hubungannya 'mercato' dengan label 'seputar perkuliahan' dong?

Nah, di bulan ini, pertama kalinya sejak saya mencicipi bangku akademis, saya akan punya kesempatan untuk memilih mau mengambil mata kuliah apa! Oh yeah... aroma kebebasan merasuki saya! Rasanya seperti sedang musim mercato kalau lagi main Football Manager.

Semua orang tentu punya strategi mercato sendiri dalam memilih mata kuliah di semester tujuh ini. Ada beragam alasan untuk memilih mata kuliah, seperti:

- Kejar paket A

Tentu sudah sering terdengar kabar bahwa ada beberapa mata kuliah sangat 'generous' dalam memberikan nilai. Untuk mereka yang beraliran 'realis' mungkin akan lebih memilih mata kuliah yang pada tahun2 sebelumnya saat pengumuman nilai hanya terdapat dua jenis indeks: A dan B. Siapa yang tidak tergiur?

- Suka dengan mata kuliah lab tertentu

Ya, tentu ada kecenderungan juga terhadap lab tertentu kan... . Saya sendiri menyenangi pelajaran yang datang dari lab GAIB, meskipun nilai2 saya di mata kuliah2 tersebut tidak bagus. Ada juga yang menyenangi mata kuliah dari lab Basis Data, dari lab SI, dan lain lain. Prediksi saya, akan ada sebuah lab yang mata kuliahnya sepi peminat..., yaitu.. lab.. S***r, ups! Sebut merk... :p

- Melihat dunia luas

Selama kurang lebih dua tahun belakangan, nampaknya habitat bermain mahasiswa IF tidak jauh dari ruang 7602 dan 7606. Rasanya sih hanya ada beberapa mata kuliah yang mengizinkan kita melihat dunia luar: Agama, Manajemen Industri, PPKN, what else? Kuliah pilihan adalah kesempatan! Dari status2 instant messenger akhir2 ini, mata kuliah Manajemen Inovasi nampaknya menjadi favorit. Entah apapun alasannya.

- Kecenderungan terhadap dosen tertentu

Ada apa ya? Entah sih, tapi yang jelas alasan saya memilih mengambil mata kuliah Manajemen Inovasi adalah demi bisa diajar oleh Pak Gede Rake. Kalau bukan beliau yang mengajar, I'll consider to drop this subject.

Oiya, kecenderungan ini juga bisa berarti kecenderungan menghindari lho. Kalau saya sih memang ada nama tertentu yang saya hindari..., tapi tak usah disebutkan di tempat public begini lah ya... .

- Orientasi jauh kedepan

Bisa macam2. Bisa demi mendukung pengerjaan TA. Bisa demi mendukung karir kedepannya -wow! ada ya yang udah mikir segitu? pasti ada sih, yakin-. Bisa demi memudahkan jodoh dan melanggengkan rumah tangga masa depan... Plok! Emang mata kuliah apa coba yang bisa mendukung kaya beginian?!

- Lain lain

Ya, lain lain aja. Banyak lah alasan orang memilih mata kuliah, should I write it all?

Ok, sekarang... saya sendiri masih bingung mau memilih mata kuliah apa. Satu yang pasti jelas: Maninov. Semoga masih Pak Gede Rake yang mengajar. Tendensi ke lab GAIB membuat saya tertarik dengan Sistem Berbasis Pengetahuan. KP pasti diambil. Lalu lalu? Machine Learning, mata kuliah lab GAIB lainnya, nampaknya menarik. Aplikasi Perancangan Berorientasi Objek nampaknya juga. Berapa sks sudah ya? Baru 14 sks. Sebenarnya sih sudah sejak lama saya memendam hasrat untuk mengambil mata kuliah SR: Tipografi. Serius. Bukan karena berharap bisa bertemu dengan lebih banyak makhluk tak berjakun di kelas, lho. I'm not that shallow! I'm just quite fond of art and I find that this 'tipografi' thing may be useful in my field. Steve Jobs once took this subject when he was in college and it is often believed that the early Apple had better fonts because of Steve's experiences on this subject. Tapi nampaknya sulit, khawatir banyak skill dasar yang harus dimiliki untuk bisa survive di mata kuliah ini.

Hmm, apalagi ya? Tiga sks lagi?? Yang jelas bukan TA1. Hehe. Itu nanti saja, di semester 9. Saya berencana lulus Maret 2009. :D

Apa dong?? Ya, nanti lagi lah dipikirkan, toh masih ada beberapa hari untuk berpikir. Santai saja, tidak perlu terburu2. Yang terpenting adalah mengambil pilihan yang bisa saya pertanggung jawabkan. Ini pertama kalinya saya ambil mata kuliah atas keinginan sendiri, jadi tidak boleh ada lagi di semester depan kalimat seperti ini, "I hate this subject!"

Pilih sendiri, tanggung jawab sendiri!

4 comments:

Zakka Fauzan Muhammad said...

Kejar paket A? Hari gini? Gak lah yaa...

Kalo saya sih lebih banyak terobsesinya ma Dosen ato lab :)

Anonymous said...

hhhhmmmmm, nampaknya sih gw termasuk orang2 yang kurang beruntung di perkuliahan, tak mengerti lebih kurangnya lab2 yang ada, tak begitu peduli dengan nama dosen (kecuali 2 dosen yang udah gw black list karena bikin gw 2 kali gak lulus!!!malangnya...).

kebanyakan dapet info mt kul dari temen, dan sisanya ngulang, heeehehehe...(gak seharusnya gw tertawa....)

met bejuang dah!!

qbl said...

@ zakka : ya, itulah orang kan beda2. gw sih ga kejar paket A meskipun sudah lama abjad tsb ga mampir di transkip gw. haha.

@ dmj : met bejuang juga, ni gw blogwalking ke tempat lo deh. sori yak telat... .

Zakka Fauzan Muhammad said...

Eh Bal, ada loh kuliah yang bisa melanggenggkan... Itu loh, ML!