Tuesday, September 12, 2006

Ketika SR bikin pasar seni...

Mumpung masih 2 hari

Ceritanya hari minggu kemaren, akhirnya event gede2an itu terjadi. Pasar seni. Sumpah.., ini kali pertama gw liat ada acara semegah itu di ITB sejak gw kuliah disini. Hebat lah. Um..., bahkan dibandingin dengan acara-acara yg pernah diadain himpunan2 lain yg udah full support dari alumni2 nya.

Awalnya sih gw cuma ngeliat itu tuh sebagai event aja. Cuma istimewa karena demikian megah dekornya atau karena begitu banyak pengunjungnya. Gila, ga surut2 orang yg ngunjungin dari jam 9 gw disana ampe magrib gw pulang. Buat jalan dari gerbang sipil sampe labtek V aja rasanya kaya muterin sabuga saking lamanya antri dengan ratusan (ribuan?) orang mungkin.

Barulah malemnya gw mandang acara itu dengan lebih berbeda. Karena... pas gw lagi makan indomie di warkop deket kos, sambil ditemenin lagu2 dangdut Rama FM, di meja ga jauh dari tempat gw duduk tergeletak koran PR dengan tajuk gede tentang pasar seni tsb. Gw langsung curious.... .

Wew! Ternyata even ini tuh diperhatiin seniman2 loh... . Ibaratnya kalo HMIF tuh, kita bikin even trus dikritisin sama Pak Onno atau Pak Budi Rahardjo di koran... . Kalo gw sih langsung bangga umpama even yg himpunan gw bikin dikritisin sebegitunya. Trus gw jg baru tau ternyata maksudnya even ini tu buat menghadirkan karya seni lebih deket ke orang2 bokek seperti gw! Jadi karya seni tuh ga cuman ada di galeri2 yg notabene ga akan pernah didatengin orang2 buta seni kaya gw. Gila jg 'nilai' yg mau diusung. Tangguh lah.

Cuman sayang sekali, di hadapan gw akhirnya yg terhampar cuman lautan manusia yg berdesak-desakan kesempitan dan -kalo gw sih- akhirnya ga sempet nikmatin karya seni yg disajikan stand2 itu. Paling cuman Vicenzo aja. Oh iya, plus keroncong 'Merah Putih'. Sumpah keren abis. Merubah pandangan gw ttg keroncong. Sebagaimana Titi Kamal dalam 'Mendadak Dangdut', gw mau bilang..., "Keroncong is the best!" -agak2 hiperbolis ni-

Yah.. gitulah. Sayang sekali gw belum sempet nikmatin banyak hal euy di pasar seni kemaren. Nunggu lagi, masih 4 / 5 tahun lagi. Tak apa lah ya... .

Anyway... salut abis buat KMSR. Acara yg mereka bikin tuh adalah yg paling keren yg pernah dibikin sama himpunan di ITB. -menurut gw-

No comments: